Jumat, 04 Desember 2020

Mengenal Jenis-Jenis Print Kain Tekstil

Dalam dunia tekstil ada yang namanya mesin print. Mesin print merupakan sebuah alat yang menunjang proses produksi dalam pencetakan gambar pada kain. Karena dengan menggunakan mesin ini, proses produksi akan semakin singkat dan cepat.

 

Seperti halnya kebutuhan pokok manusia, baju merupakan salah satu kebutuhan utama. Semakin menarik gambar atau motif pada baju, maka akan semakin laris dipasaran. Dan semakin laris baji tersebut, maka akan semakin tinggi permintaan produksi. Untuk mencukupi semua permintaan tersebut, maka mesin print memegang peran paling penting.

Print Kain


Jenis Mesin Print Kain

 

Seiring bertambahnya jenis kain saat ini, mesin printing kain pun hadir untuk melengkapi semua kebutuhan. Jenis mesin print kain saat ini terbagi dalam 2 jenis. Diantaranya adalah mesin print sublim dan mesin print DTG atau Direct To Garment, mesin print DTF atau Direct To Fabric, dan mesin print DTT atau Direct To Textile. Berikut penjelasan masing-masing mesin tersebut:

 

Mesin Print Sublim

 

Mesin print sublim adalah mesin cetak transfer. Mesin ini sudah digunakan sejak lama, cara keeja mesin ini pun sangat mudah. Hanya dengan cara mencetak gambar pada media transfer paper dan kemudian dipindahkan kedalam kain dengan cara dipanaskan. Transfer gambar pada kain ini dilakukan dengan cara menggunakan alat pemanas ketika menempelkan paper gambar tersebut pada kain.

 

Proses pemanasan teraebut dibantu dengan sebuah alat yang bernama Heat Press. Proses ini membuat tinta menguap dan hingga akhirnya menempel pada kain karena proses sublimasi tersebut. Mesin print kain sublim ini biasa digunakan untuk jenis kain yang mengandung polyster lebih banyak.

 

Printer DTG (Direct To Garment)

 

Meskipun proses printing mesin DTG tidak seperti mesin sublim yang tidak harus melewati proses pre-treatment. Namun, Jenis mesin ini merupakan jenis printer kain yang sedang populer saat ini. Proses pre-treatment adalah sebuah proses pelapisan coating dalam membantu penyerapan tinta pada kain. Biasanya mesin ini dipakai untuk jenis kain katun.

 

Peebedaan antara kedua jenis mesin print kain ini terletak pada kelebihan dan kekurangannya. Keunggulan dari mesin sublim yaitu terletak pada biaya produksi yang lebih hemat dari mesin print DTG. Mesin sublim hemat tinta, karena mesin ini mengaplikasikan tinta yang berupa gas untuk kemudian diserap oleh kain. Berbeda dengan mesin DTG yang boros akan tinta, karena mesin ini menyemprot tinta secara langsung pada kain.

 

Ketahanan dari hasil printing mesin sublim lebih tahan terhadap gesekan ketika dipanaskan dan dicuci. Semua ini terjadi karena tinta yang meresap pada kain melalui proses uap gas. Dan cenderung mengandung partikel yang lebih kecil dari pada hasil cetakan dari mesin print DTG.


Hasil print dari mesin print kain sublim cenderung terlihat lebih terang, karena media yang biasa digunakan merupakan kain yang terang seperti polyster. Sedangkan untuk meain DTG menggunakan media kain katun yang cenderung memiliki tingkat warna yang lebih gelap. Jika dilihat dari keunggulannya, mesin print sublim memiliki banyak keunggulan. 


Jadi,mesin print kain apa yang sedang Anda butuhkan saat ini? Semoga artikel ini membantu Anda dalam menentukan pilihan mesin printing kain yaa.