Jumat, 04 September 2020

Rekomendasi Pilihan Baju Batik Pria Berdasarkan Bahan dan Motif

Baju batik adalah pakaian dengan corak khas Indonesia yang kini menjadi salah satu fashion item yang wajib untuk pergi ke kondangan atau acara resmi lain. Namun, saat ini banyak juga corak batik yang menarik untuk bisa digunakan hangout atau sekedar acara santai.


Anda yang sedang mencari baju batik pria wajib membaca artikel ini hingga selesai. Saya akan membahas tips memilih baju batik yang sesuai dengan penampilan Anda.



Cara memilih baju batik pria berdasarkan bahannya


Ada banyak sekali jenis baju batik yang bisa Anda pilih. Namun, perhatikan dahulu beberapa poin penting ini sebelum memilih baju batik yang Anda sukai.


Bahan dari baju batik adalah hal esensial yang perlu diperhatikan agar Anda nyaman memakianya. Pilih bahan yang paling Anda sukai dan cocok untuk Anda kenakan untuk kekondangan atau acara resmi.


Batik Bahan Katun


Bahan katun merupakan bahan yang paling banyak ditemukan untuk baju batik di Indonesia. Harganya pun juga beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal. Kualitas katun pun berbeda-beda dan tentunya akan memengaruhi harga batik nantinya. Katun primisima contohnya adalah salah satu kain katun kualitas terbaik.


Jika Anda menginginkan baju batik yang nyaman. Bahan katun tentu worth it untuk dijadikan pilihan. Tak hanya nyaman, bahan ini juga sangat cocok untuk Anda yang mudah berkeringat karena bahan ini dapat menyerap secara baik. Untuk Anda yang tidak ingin terlihat formal, kemeja batik berbahan katun ini sangatlah pas.


Batik Bahan Sutra


Jika Anda ingin tampilan eksklusif dan berwibawa, baju batik berbahan sutra merupakan pilihan paling pas. Meski harganya tergolong mahal, Anda akan mendapatkan tampilan high fashion, Kain sutra sendiri dibagi menjadi dua macam. Ada kain yang dibuat dengan alat tenun mesin dan ada juga yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin.


Kain yang dibuat dengan mesin akan mengahasilkan kain katun lembut dan sangat halus. Di sisi lain, kain yang dibuat tidak menggunakan mesin akan menghasilkan kain yang lebih kasar dan tebal. Kain itu sendiri cenderung kebih mahal karena di produksi dalam jumlah sedikit. Di samping itu, bahan sutra baik dalam menyerap kelembapan. Jadi, Anda akan tetap merasa dingin meski di tempat yang panas sekalipun.


Batik Bahan dobby


Karena bahan sutra tergolong cukup mahal, tidak banyak produsen batik yang membuat baju kemeja batik dari bahan sutra. Mereka lebih memilih bahan dobby  sebagai penggantinya karena bahan ini sama-sama memberi  kesan elegan dan berkelas. Bahan dobby  merupakan kombinasi dari bahan polyester dengan bahan katun. Kain dengan bahan ini memilik cara khas motif serat yang menonjol (kotak, garis dan abstrak) dengan warna yang sedikit mengilat.


Di pasaran, kain dobby merupakan paling umum digunakan untuk batik adalah katun dobby dan sutra dobby. Bahannya yang licin dan halus sangat cocok sekali untuk dikenakan ke pesta atau acara formal. Kekurangan bahan ini yaitu lebih rendah daya serapnya.


Cara memilih baju batik pria berdasarkan motifnya


Motif batik sangat banyak dan beragam. Sesuaikanla motif bantik yang Anda pilih dengan acara yang akan dihadiri.


Motif Batik Klasik


Motif Parang, Sida Mukti, Kawung, Truntum, Ceplok dan masih banyak lainnya merupakan contoh motif batik klasik. Motif ini cocok untuk Anda yang membutuhkan outfit resmi karena motifnya yang konvensional memberikan corak dengan nuansa Indonesia yang kental.


Warna batik klasik juga biasanya terdiri dari warna cokelat, putih atau hitam. Warannya memang cenderung netral supaya muda dicocokan dengan bawahan apa pun. Jika Anda ingin terlihat rapi dan formal, kenakanlah baju batik dengan motif klasik ini.


Motif Batik Modern


DIbandingkan motif klasik, motif batik modern jauh lebih beragam dan colorful. Ada motif floral, abstrak, hingga motif batik klasik yang di-mix dengan desain yang lebih eye catching. Warna batik modern juga biasanya lebih variative, tidak melulu hanya berwarna cokelat atau hitam. Motif ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda, ingin terlihat lebih fun dan fresh. Salah satu motif yang banyak dijumpai pada kemeja batik modern adalah batik pesisiran Megamendung dari Cirebon.


Disamping itu, kemeja batik modern tak hanya cocok digunakan untuk pergi ke acara formal, tetapi juga bisa digunakan untuk acara santai. Tak jarang, banyak juga pria yang menggunakan baju motif batik modern sebagai outfit sehari-hari untuk hangout  Bersama teman atau jalan santai Bersama keluarga. Anda bisa memadukannya dengan celana jeans dan sneakers untuk membuat Anda terlihat lebih stylish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar