Jumat, 31 Juli 2020

Metode Masak 5-30-7 Viral di Media Sosial, Benarkah Daging Bisa Empuk dan Hemat Gas?


Tepat hari ini (31/7/2020) seluruh umat muslim tengah merayakan hari raya Idul Adha 1441 H.

Saat perayaan Idul Adha pastinya banyak umat muslim yang berkurban.

Jadi tak heran, bila saat Idul Adha banyak yang mendapatkan daging.

Baik mendapatkan daging sapi ataupun daging kambing.

Nah, pastinya ibu-ibu antusias mau mengolah daging kurban namun dengan proses yang singkat dan juga hemat.

Seperti yang kita ketahui, daging sapi membutuhkan waktu lama untuk dimasak.

Namun di media sosial tersebar metode masak 5-30-7 yang dikatakan bisa membuat daging empuk dan juga hemat gas.

Metode masak yang dikenal dengan angka 5-30-7 ini sontak menjadi viral karena dinilai dapat memasak super cepat dan hemat.

Konon, penggagas motede masak ini bernama Fah Umi Yasmin, seorang ibu rumah tangga yang kerap membagikan tips memasak via media sosial.

Semangkuk hangat kacang hijau, ketan hitam, hingga bubur ayam pun berhasil dibuat dengan metode masak yang kurang dari 15 menit ini.

Presepsi umum bahwa memasak membutuhkan waktu lama di dapur, ternyata berhasil dipatahkan oleh seorang ibu bernama Fah Umi Yasmin.

Perempuan yang kini tinggal di Arab Saud ini merupakan salah seorang anggota komunitas memasak Natural Cooking Club (NCC) yang tergolong rajin membagikan berbagai tips memasak via akun media sosialnya.

Salah satu tips memasak yang diunggah Fah Umi dan berhasil menjadi viral adalah metode masak 5-30-7.

Seperti apa, sih, metode masak dengan angka unik ini?

Pada dasarnya, metode ini merupakan teknik memasak berbagai hidangan dengan beragam bahan yang hanya memerlukan waktu kurang lebih 12 menit saja.

Cepat sekali, bukan?

Berikut cara pengaplikasian metode masak 5-30-7.

1. Rebus bahan masakan selama di atas api. Setelah 5 menit, matiikan kompor dan segera tutup rapat panci.

2. Diamkan selama 30 menit.

Namun, apakah metode ini benar-benar bisa mematangkan semua bahan yang diperlukan Anda saat memasak beragam hidangan sehari-hari untuk keluarga?

Ketua Komunitas NCC, Fatmah Bahalwan, mengatakan, anggota NCC ada yang memang secara aktif membagikan pengalaman memasak mereka melalui media sosial.

Salah satunya metode 5-30-7, yang tidak lain adalah memasak dengan hitungan waktu 5 menit, 30 menit, dan 7 menit.

“Ya, metode memasak ini menurut saya memang sangat menarik. Banyak juga anggota NCC yang mencobanya di dapur mereka ketika memasak hidangan sehari-hari dan rata-rata mereka mengaku berhasil, hingga menjadi viral,” papar Fatmah.

Fatmah pun termasuk yang pernah mencoba metode masak unik ini di dapurnya, untuk membuat bubur kacang hijau.

Hasilnya, kata Fatmah, cukup memuaskan.

Apalagi pada umumnya merebus kacang hijau biasanya berlangsung lama, sehingga bisa membuat bahan bakar gas rumah tangga lekas habis.

Menurut Fatmah, tak ada kendala yang ia alami saat mencoba metode masak tersebut.

Salah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat dan juga salah seorang anggota NCC, Alya Violette, mengaku berhasil membuat bubur ayam, bubur kacang hijau, dan bubur merah delima dengan mengaplikasikan metode masak 5-30-7.

“Pengalaman pertama saya mencoba metode ini di rumah, untuk membuat bubur kacang hijau. Hasilnya memang memuaskan. Kacang hijaunya empuk, seperti dimasak lama seperti biasanya,” kata Lya berbagi pengalaman.

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengaplikasikan metode ini adalah harus merebus air terlebih dahulu hingga mendidih lalu masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih ke dalam panci terbuka dan merebusnya selama 5 menit.

Setelah 5 menit api menyala, kompor dimatikan lalu tutup segera panci secara rapat selama 30 menit.

Nah, setelah 30 menit, nyalakan kembali kompor dan masak kembali kacang hijau selama 7 menit hingga benar-benar matang.

Melihat percobaan pertamanya yang berhasil memuaskan, Alya pun termotivasi mencoba metode masak yang sama untuk beberapa resep lain.

Di antaranya mengolah daging dan ketupat. Namun, Alya mengaku, memasak daging agar empuk memang membutuhkan waktu yang lama.

“Kalau memasak daging menggunakan metode 5-30-7, hasil dagingnya kurang begitu empuk. Begitu juga dengan ketupat, hasil tekstur ketupatnya jadi kurang padat dan bahkan mudah basi,” ungkapnya seraya menyarankan, agar kamu dapat menggunakan metode ini untuk memasak berbagai hidangan secara dadakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar