Senin, 20 Juli 2020

Anda Sering Minum Air Kunyit? Ini Dia Manfaatnya Guysss


BERUANGMADUNEWS.Com -- Masakan khas Indonesia banyak dikenal karena penggunaan rempahnya yang berlimpah. Bahkan, tak sedikit masyarakat dari seluruh dunia yang mengagumi cita rasa khas pada resep kuliner buatan nenek moyang. Tak ayal beberapa masakan Indonesia digadang-gadang sebagai kuliner dengan rasa paling lezat di dunia. 
Tentu rahasia dari kelezatan kuliner Indonesia adalah dari rempah serta bumbu masakan yang tumbuh dari tanah air sendiri. Salah satu yang paling umum digunakan sebagai campuran dan menyedapkan makanan dalam negeri adalah kunyit. Rempah yang dikenal juga sebagai kunir merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. 
Pasalnya, kunyit tak hanya bisa menguatkan rasa pada makanan, namun juga sebagai sumber pewarna alami sehingga masakan nampak lebih menggoda. Memiliki warna kuning, kunyit menjadi rempah wajib saat memasak soto, kare, dan beragam masakan tradisional lainnya yang berwarna kuning.
Namun, tahukah Anda jika mengonsumsinya, ada beragam manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa didapatkan? Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa rempah tersebut dapat mencegah kanker payudara, leher Rahim, dan usus besar muncul. Daripada penasaran apa saja manfaatnya, berikut adalah manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

  1. Membantu Meredakan Peradangan

    Bagi yang belum tahu, zat atau ada dalam kunyit yang bisa menjadi obat biasa disebut sebagai kurkumin. Jika diambil dalam takaran satu sendok teh, kunir parut atau bubuk memiliki setidaknya 200 mg kurkumin yang terkandung di dalamnya. Jumlah tersebut tentu sangat menakjubkan karena kunyit banyak dijadikan sebagai bumbu masakan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. 
    Nah, salah satu fungsi kurkumin pada salah satu rempah-rempahan ini adalah sebagai antioksidan yang mampu memberikan efek anti radang yang poten. Kurkumin pada kunyit dipercaya dapat menghambat sitokin serta enzim pemicu inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Kandungan tersebut juga dapat bekerja menekan peradangan dengan mengurangi kadar histamin, sembari memperbanyak produksi kortison alami pada kelenjar adrenal. 
    Melalui proses serta kerja dari kurkumin tersebut, besar kemungkinan jika kunyit memang berkhasiat untuk meredakan berbagai penyakit peradangan. Mulai dari radang sendi, penyakit kardiovaskular, sindrom akut koroner, hingga kanker pun dapat ditekan dengan mengonsumsinya. Namun, tentunya pembuktian dari manfaat kunyit tersebut masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. 
  2. Menjaga Usus Agar Tetap Sehat 

    Kebanyakan dari Anda mungkin pernah mendengar manfaat kunyit sebagai pereda maag atau gejala gangguan pencernaan lainnya. Ya, kunyit memang sudah dijadikan sebagai obat alternatif turun-temurun dari nenek moyang untuk meredakan beragam penyakit usus, salah satunya adalah penyakit maag. 
    Cukup mengolahnya sebagai campuran dari minuman teh, penderita maag akan langsung merasakan khasiatnya. Pemicu munculnya sakit maag bisa datang dari berbagai sumber, seperti, infeksi bakteri, obat anti nyeri, hingga rokok dan minuman beralkohol. Beragam hal tersebut merupakan penyebab terkikisnya lapisan dinding pada usus serta kerongkongan yang memicu naiknya refluks asam lambung. 
    Masih menjadi manfaat dari kurkumin, zat tersebut ternyata juga dapat melindungi perut atau saluran pencernaan dari pemicu maag tersebut. Kurkumin dalam lambung dapat memancing lendir dinding untuk diproduksi dan juga mengontrol keluarnya asam lambung. Jadi, bagi penderita penyakit pencernaan seperti maag, kunyit dapat menjadi penyelamat saat penyakit tersebut kambuh.
    Perut kembung atau buang gas secara berlebihan juga dapat diredakan dengan mengonsumsi kunir ini. Masih dari khasiat kurkumin, otot pada organ pencernaan dapat terdorong untuk bergerak lancar sehingga mengurangi tekanan dalam perut penyebab kentut berlebihan. 
    Tetap seputar kesehatan usus, kunyit juga menurunkan intensitas rasa sakit di perut yang diakibatkan oleh Irritable Bowel Syndrome atau IBS. IBS sendiri merupakan radang yang terjadi di usus besar sehingga menyebabkan penderitanya mengalami masalah BAB atau diare berkepanjangan. 
    IBS membuat otot pada usus untuk merenggang yang menyebabkan diare, atau sebaliknya dan memicu terjadinya sembelit. Nah, masalah yang disebabkan penyakit IBS ini dapat diredakan dengan mengonsumsi kunyit karena kandungan kurkuminnya dapat membantu otot perut untuk bekerja lebih lancar. Jadi, ada beragam khasiat mujarab dari mengonsumsi kunyit agar usus dapat senantiasa terjaga kesehatannya. 
  3. Bukan Hanya Mitos, Kunyit Terbukti Mampu Menekan Rasa Nyeri Akibat Haid

    Tak sedikit leluhur yang menyarankan anak perempuannya untuk mengonsumsi jamu kunyit asam saat merasakan nyeri di perut karena haid atau menstruasi. Nasehat tersebut ternyata memang terbukti secara ilmiah memiliki manfaat yang benar adanya. Pasalnya, kurkumin pada kunyit berkhasiat sebagai analgesik atau pereda nyeri secara alami. 
    Khasiat analgesik tersebut dapat bekerja dalam melemaskan kontraksi yang terjadi pada rahim penyebab kram di perut. Tak hanya itu, kurkumin juga memiliki khasiat untuk menurunkan aliran masuk dari ion kalsium menuju sel epitel rahim. Hormon yang menyebabkan rasa sakit serta peradangan, prostaglandin, juga dapat dikurangi produksinya oleh kurkumin.
  4. Membantu Menjaga Berat Badan

    Mengonsumsi kunyit dapat menimbulkan reaksi yang mampu menurunkan resistensi insulin, menekan kadar gula dan kolesterol dalam darah, hingga mengurangi potensi gangguan metabolik pada tubuh akibat berat badan yang tidak ideal. Reaksi tersebut dapat muncul akibat kurkumin yang berguna untuk menghambat respon peradangan sel tubuh, termasuk sel pada pankreas, lemak, serta otot. 
    Efek tersebut bisa didapatkan saat kunyit dikonsumsi berbarengan dengan asam jawa, seperti pada jamu kunyit asam yang banyak dijual oleh toko obat tradisional. Jika dikonsumsi secara rutin dalam jangka yang cukup lama, jamu kunyit asam tersebut akan menghasilkan berat badan ideal dan kesehatan tubuh yang lebih maksimal. 
  5. Si Peningkat Daya Tahan Tubuh

    Ternyata kunyit asam yang merupakan salah satu jenis minuman jamu juga berguna untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, namun khasiat yang ditawarkan sangatlah baik. Terutama untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas dan kondisi badannya sedang tidak sehat.

Kunyit Sebagai Bahan Masker untuk Wajah

Selain memberikan khasiat untuk menjaga kesehatan, kunyit juga dapat diolah menjadi masker wajah untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Mengandung antioksidan, kunyit mampu memberikan efek cerah pada kulit dan membuatnya terlihat lebih awet muda. 

Umumnya, ada dua resep masker alami yang bisa dibuat dari bahan kunyit:
  • Masker Kunyit Kasturi

    Untuk jenis masker yang pertama memiliki fungsi sebagai penghilang komedo yang biasa muncul pada kulit wajah. 
    Tidak sudah untuk membuatnya, cukup haluskan kunyit kasturi dengan cara diuleg ataupun diblender. Kemudian, campurkan satu sendok kunyit yang sudah dihaluskan tersebut bersama minyak kelapa secukupnya dan aduk hingga memiliki tekstur menyerupai pasta. Selanjutnya, oleskan adonan masker tersebut ke area wajah berkomedo selama kurang lebih 10 menit. 
    Agar memiliki efek yang lebih menentramkan, massage pula bagian dagu, hidung dan jidat secara perlahan. Terakhir, bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih. Lakukan secara rutin penggunaan masker kunyit ini agar komedo tidak datang lagi. 
  • Masker Kunyit Pepaya

    Untuk masker kunyit pepaya, masker ini cocok untuk digunakan pada hampir semua macam kulit wajah, termasuk yang sensitif. Pepaya mentah banyak dijadikan sebagai campuran masker karena memiliki enzim papain dipercaya mampu menekan pertumbuhan bulu halus dengan cara memecah folikel yang menjadi sarana rambut bisa tumbuh. 
    Cara untuk membuat masker dari kedua bahan tersebut juga sangat sederhana.
    1. Pertama-tama, kupas serta potong kecil pepaya dan kemudian ditumbuk hingga menjadi adonan yang kasar.
    2. Ambil sekitar dua sendok makan adonan pepaya tersebut dan campur dengan setengah sendok teh bubuk kunyit.
    3. Setelah diaduk rata, oleskan campuran tersebut pada bagian wajah atau tubuh lain yang diinginkan. Perlahan pijat area yang dilumuri masker selama kira-kira 15 sampai 20 menit.
    4. Terakhir, bilas menggunakan air hangat jika bisa dan ulangi secara rutin prosedur tersebut selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu agar efeknya dapat memberikan hasil yang terbaik. 


Manfaat Kunyit Putih yang Tak Kalah Menakjubkannya

Jenis kunyit yang paling banyak diketahui oleh masyarakat adalah yang memiliki warna oranye kecoklatan pada dagingnya. Padahal, ada pula jenis kunyit putih yang dapat memberikan beragam khasiat yang tak kalah pentingnya dengan kunyit yang biasa ditemui sehari-hari. 
Memiliki kandungan yang agak berbeda dengan kunyit biasa, mengonsumsi kunyit putih menjanjikan manfaat kesehatan yang berbeda pula.

  1. Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

    Salah satu manfaat kunyit putih yang layak diketahui adalah melawan infeksi bakteri atau jamur dalam tubuh, termasuk bisa atau racun akibat gigitan ular.
    Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi tersebut mencakupi diare, terinfeksi bakteri E. Coli, infeksi jamur pada sariawan dan alat vital wanita, hingga penyakit kulit seperti selulitis dan bisul dapat disembuhkan dengan mengonsumsinya. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau mulut, kumur-kumur dengan ekstrak kunyit putih mampu menghilangkan bakteri penyebab bau tersebut. Bahkan, efeknya tidak kalah manjurnya dengan obat kumur yang biasa dijual di pasaran. 
  2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

    Selain meredakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur serta infeksi pada kulit, tanaman ini juga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel tumor penyebab kanker. Hal ini mendukung beragam penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa kunyit putih dapat menjadi obat alternatif bagi penderita kanker, khususnya kanker payudara, rahim, dan juga usus besar.
    Bukan hanya menghambat, kurkumin pada kunyit putih juga mampu mengempiskan sel kanker sehingga metastasis atau proses penyebaran sel kanker dalam tubuh terhambat. Meski memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kunyit putih sebagai upaya untuk menekan risiko penyakit kanker. 

Segudang Manfaat dari Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan


Kebanyakan orang hanya menganggap kunyit hanya sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan masakan saja. Namun, dibalik itu, ada segudang manfaat kunyit bagi kesehatan dan menjaga kecantikan. Nah, karena sudah mengetahui apa saja khasiat dan manfaatnya, jangan ragu untuk mengonsumsi kunyit asal masih dalam porsi yang sewajarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar