Jumat, 13 Maret 2020

Gerakan Siap Darling di Kawasan Candi Gedong Songo


Siapa nih yang setuju dengan penghijauan? Saya rasa sebagian besar orang akan tunjuk jari.  Lalu kalau ada pertanyaan seperti ini bagaimana? Siapa nih yang sudah melakukan aksi nyata melakukan penghijauan dengan menanam tanaman di lingkungan sekitar atau dimanapun itu? Masih sebanyak itu oula kah yang tunjuk jari?

Setiap orang punya kesibukannya masih masih dan memiliki pembelaan diri atas pernyataannya masing-masing. Kali ini saya bersyukur banget nih bisa bersama orang-orang yang memiliki aksi nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan. Setidaknya mereka mau meluangkan waktu untuk ikut serta melakukan kegiatan peduli lingkungan.



Kepedulian terhadap lingkungan bisa dilakukan siapapun dan di manapun. Bisa jadi kamu adalah salah satunya yang melakukan hai itu. Nah, kali ini saya berkesempatan ikutan kegiatan peduli lingkungan yang bertema "Siap Darling". Siap Darling adalah singkatan dari Siap Sadar Lingkungan. Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program Siap Darling mengajak generasi milenial untuk senantiasa mencintai lingkungan nih.


Siap Darling kali ini bertempat di Kawasan Candi Gedong Songo yang ada di kabupaten Semarang. Oh iya, para peserta yang ikut dalam kegiatan ini disebut sebagai Darling Squad. Darling Squad adalah teman-teman mahasiswa yang menjadi volunteer dalam setiap kegiatan lingkungan yang bertujuan memperbaiki jejak kerusakan yang ada di bumi ini.



Sebelum hari H penanaman. Siap Darling mengajak Darling Squad sebanyak 50 orang yang berasal dari berbagai universitas yang ada di Indonesia untuk ikut berpartisipasi.  Selain penanaman, 50 Darling Squad juga diajak dalam FGD ( Focus Group Discussion) yang dikemas dalam Green Camp di kawasan Candi Gedong Songo

Generasi Muda  Harapan Bangsa

Siap Darling memilih Mahasiswa sebagai peserta untuk mendorong generasi milenial melakukan aksi nyata. Tidak hanya peduli namun terlibat secara langsung dalam melakukan aksi nyata, Bergerak bersama-sama menjadikan masa depan ini lebih baik dan memperbaiki kerusakan ang ada di bumi. Dengan pembekalan ini, mahasiswa yang terjun ke masyarakat dihaapkan mampu memberikan pengaruh positif orang seitar untuk peduli terhadap lingkungan.



Dalam kegiatan kemarin terhitung ada sebanyak 50 Darling Squad dan 200 mahasiswa  yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia.  250 orang dan tamu undangan pada pagi itu bersama-sama melakukan penanaman pohon . Pohon yang disediakan antara lain Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa dan Akar Wangi.

Coba bayangkan saja, jika setelah kegiatan ini mahasiswa menyampaikan kepada orang sekelilingnya untuk menanam dan merawatnya, Udara di sekeliling kita tentunya akan ikut terdampak ketika perbaikan lingkungan berjalan.

Siap Darling

Gerakan Siap darling ini sudah dimulai sejak tahun 2018 yang diinisiasi oleh Djarum Foundation melalui sosial media. Kenapa sosial media? Sebab generasi milenial sering memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi. Dengan gerakan Siap Darling, diharapkan generasi milenial ikut serta dalam menyebarkan konten-konten positif melalui sosial mediaterutama tentang kegiatan mencintai lingkungan dan bumi. Sebagai informasi tambahan nih, Siap Darling dengan gerakannya juga memiliki slogan, yaitu “Cintai Lingkungan Kita Degan Cara Yang Kita Cintai”.



Selain berfokus pada generasi muda, Djarum Foundation juga memiliki Pusat Pembibitan Tanaman yang dikelola sejak tahun 1979.  Lahan pembibitan ini memiliki luas area 4 heltar yang berada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tanaman yang dibibitkan sebagian besar merupakan tanaman langka dari berbagai daerah. Dan ada berbagai maca tanaman buah maupun non buah.



Seneng banget saya dan teman-teman blogger bisa berpartisipasi di Siap Darling di Gedong Songo. Buat teman-teman mahasiswa yang mau bergabung dengan gerakan ini bisa langsung mengunjungi website mereka www.siapdarling.id atau bisa langsung mengkontak Tania Anggriani di email [email protected] Yuk berbuat sesuatu yang baik untuk lingkungan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar